Sunday, October 28, 2018

Bungong Jeumpa Yogyakarta, Makanan Kaya Rempah Harga Bersahabat

Biasanya jika kalian berkunjung ke kota Jogja pasti mencari kuliner khasnya yaitu Gudeg tapi kali ini beda, aku coba cari makanan lain selain gudeg. Perjalananku kali ini ingin mencicipi makan yang kaya rempah yaitu makanan khas aceh. Mau tahu seperti apa? 

Tampak depan rumah makan Bungong Jeumpa

kali ini saya berkesempatan untuk mencicipi tempat makan yang menyajikan menu khas Aceh bernama Bungong Jeumpa. Rumah makan Bungong Jeumpa menyajikan berbagai menu makanan dan minuman khas Aceh. Citarasa yang kaya akan rempah-rempah membuat sajian makanan di Bungong Jeumpa menjadi istimewa dan khas. kalian akan menemukan sensasi rasa yang menarik, yaitu perpaduan antara citarasa masakan India, Arab, Siam, bahkan Belanda. 
Menu yang ditawarkan tempat ini mulai dari aneka nasi luak, aneka nasi gurih, mie aceh, nasi goreng aceh, martabak aceh, roti cane, aneka juice dan minuma. Yang wajib dipesan untuk makanan ya Mie aceh, kalau minumnya bisa pilih teh tarik ataupun es timu kerok yang susah didapatkan di tempat lain. Harganya yang dibandrol untuk makanannya mulai dari Rp. 11.000-35.000 dan minumannya mulai dari Rp. 4000-18.000.


Menu yang ditawarkan Bungong Jeumpa

Menu yang ditawarkan Bungong Jeumpa


Sambil menunggu makanannya jadi kita lihat tempat makanan ini seperti apa. Tempat makan ini cukup luas, tersedia parkir mobil dan motor, Ruangannya juga tersedia di luar dan di dalam. Menggunakan meja besi, dan kursi plastik dan sofa.

Dapur, tempat penyajian makan dan minuman yang lezat

Terlihat meja kasir dan pintu masuk ke ruangan yang ada di dalam tempat makan Bungong Jeumpa

Bungong Jeumpa

tampak ruangan yang ada di dalam Bungong Jeumpa

Tampak depan Bungong Jeumpa

Bungong Jeumpa

Setelah menunggu sekitar 15 menit, akhirnya pesananku pun datang. Kali ini aku pesan roti cane dengan kuah kari, mie aceh, nasgor aceh, dan teh tarik. Seperti apa rasanya mari kita bahas.

Add caption

Menu pertama yang kucicipi roti cane dengan kuah kari, Rasa roti canenya gurih banget karena dipanaskan dengan mentega lalu dicacah sehingga bentuknya tak lagi beraturan, ketika dicampur denga kuah kari rasanya jadi semakin nikmat di lidah. Gurihnya roti cane bercampur pedas khas rempah-rempah dari karinya mengoyang lidah.

Roti cane kuah kari ala Bungong Jeumpa

Rooti cane yang membuatku ngiler


Menu berikutnya nasi goreng aceh, beda dengan nasi goreng jawa yang cenderung manis nasi goreng yang satu ini lebih gurih dan sedikit pedas mungkin karena lebih banyak menggunakan rempah-rempah dan yang paling terlihat beda nasi goreng aceh disajikan dengan potongan tomat, timun dan acar berisi bawang, wortel, dan cabe rawit. Rasanya nikmat dan sedikit pedas, paling enak menyantapnya dengan telur, kemudian nasi dicampur acarnya yang membuat rasanya kaya banget di lidah. 

Nasi goreng aceh ala Bungong Jeumpa



Yang tak boleh terlewat mencoba mie acehnya, mie kuning tebal dengan irisan daging ataupun makanan laut disiram dengan kuah pedas sejenis kari. Disajkian dengan taburan bawang, kacang, timun serta acar. Rasanya sangat nikmat terutama bagi kalian yang suka pedas, kuahnya sedikit kental dan mienya yang tebal dijamin memanjakan lidah serta mengenyangkan.

Mie aceh ala Bungong Jeumpa

Mienya tebal bikin perut kenyang


Setelah menyantap semua makanannya yang lezat saatnya minum biar tenggorokan nggak seret. Aku cobain Teh tarik sekilas mirip dengan susu coklat. Teh tarik ini menggunakan teh yang disedu, ditambahkan susu kental manis lalu ditarik menggunakan dua gelas hingga menimbulkan busa serta rasa yang nikmat. Rasa teh serta manis dari susu kentalnya begitu terasa di lidah.

Teh tarik ala Bungong Jeumpa
Kesimpulannya jika kalian berkunjung ke kota jogja ingin mencicipi makanan yang kaya akan rempah Bungong Jeumpa bisa menjadi salah satu tempat yang tepat, menu yang ditawarkan cukup beragam, tempat yang luas, rasa yang nikmat serta harga yang bersahabat bikin kantong gak bolong. Buat kamu yang udah pernah nyobain ini atau mau kasih rekomendasi tempat makan nikmat yang patut dicobain bisa tinggalkan komen di kolom komentar. Terimakasih.

Bungong Jeumpa

Buka: 09.00-21.00 WIB 
Alamat:  Jl R.W. Monginsidi No. 12, Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogakarta 55241

Telepon: (0274) 544906 



No comments:

Post a Comment